Pengertian Tembaga dan Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Tembaga dan Penjelasan Lengkapnya

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya Anda  tidak lepas dengan keberadaan tembaga terutama dalam penggunaan barang-barang yang ada. Pasalnya memang manfaat tembaga adalah logam yang paling sering digunakan oleh manusia.  Tembaga ini diperoleh dari biji tembaga yang berupa sulfida, karbonat dan oksida yang diambil melalui tiga cara utama yakni elektrolisis, smelting dan terakhir ada leaching.  Nah, apabila Anda ingin lebih paham lagi mengenai tembaga, silahkan simak informasi mengenai pengertian tembaga maupun proses pembentukan logam lainnya, termasuk dengan penjelasan lengkapnya mulai dari karakteristik hingga pengunaanya. Dengan  Anda menyimak informasi tersebut pastinya akan menambah pengetahuan yang dipunyai terutama mengenai tembaga sehingga keuntungan besar yang akan diperoleh.

Pengertian Tembaga Secara Lengkap

Tembaga sangat berbeda dari sekedar besi dan baja. Bahkan besi dan bajapun punya perbedaan sendiri yang bisa anda pelajari di perbedaan besi dan baja. Tembaga merpakan salah satu unsur kimia yang terdapat di tabel periodik dengan lambang CU. Lambang ini sendiri asalnya dari bahasa latin Cuprum dan mempunyai nomor 29 untuk nomor atomnya.  Informasi umum mengenai tembaga  yang merupakan unsur logam  dengan warna yang kemerahan lainnya  ini yang harus Anda ketahui adalah nomor masaa yang dipunyai yakni 63,54 .

Tembaga sering diartikan sebagai salah satu konduktor listrik dan panas yang sangatlah baik.  Namun tembaga mempunyai kecepatan korosi yang sangatlah cepat. Nah, apabila membahas soal pengertian tembaga tidak lengkap jika belum membahas mengenai kekonduksiannya, ciri umumnya yang bisa mengambarkan unsur tersebut beserta dimana bisa menemukannya. Untuk kekonduksian dari tembaga ini  merupakan elektrik dan haba tinggi.  Sementara untuk ciri warna dari tembaga seperti yang  telah disebutkan sebelumnya bahwa unsur ini warnanya kemerahan. Hal tersebut disebabkan oleh karena struktur pada jalurnya yakni memantulkan cahaya  jinggi dan merah. Ditambah lagi menyerap pula berbagai frekuensi yang terdapat di spektrum tampak.

Pengertian Tembaga

Bentuk murni dari tembaga ini sangatlah sulit, langka dan jarang ditemukan. Biasanya akan begitu mudah ditemukan apabila dalam bentuk mineral dan berbagai senyewa. Di alam sendiri tembaga jumlahnya tidak terlalu melimpah dan banyak ditemukan dalam bentuk senyawaan dan bentuk bebas.  Tembaga bisa dtemukan dalam jumlah yang kecil pada beberapa bulu burung  terutama yang terang, beberapa jenis tanaman dan dalam darah pada binatang laut seperti kerang dan udang.  Selain itu bisanya pula tembaga secara alami akan ditemukan pada mineral, misalnya pada bornite, cuprite dan masih banyak lagi.

Karakteristik Khusus Tembaga

Setelah Anda mengetahui penjelasan lengkap soal pengertian tembaga,  yang harus disimak selanjutnya adalah soal karakteristik khusus dari unsur tersebut. Pasalnya dengan mengetahuinya Anda akan lebih mudah dalam mengenali sekaligus mengartikan tembaga dengan bahasa sendiri alias pemahaman yang dipunyai. Adapun penjelasan lengkap mengenai karakteristik tembaga yang harus Anda ketahui setelah pengertiannya tersebut adalah sebagai berikut:

Karakteristik Khusus Fisik Tembaga

Karakteristik khusus pertama yang harus Anda ketahui mengenai tembaga adalah mengenai fisiknya. Tembaga berada dalam unsur golongan sebelas di  tabel periodik bersama dengan emas dan perak. Maka dari itulah sifanya sama dengan kedua unsur tersebut yakni pada kulit aton d  mempunyai satu elektron orbital-s dan juga sifatnya yang sangatlah baik menjadi konduktor listik.  Tembaga ini juga mempunya sifat yang lunak. Sifat ini bisa dijelaskan dari tingginya konduktivitas listik.  Berkat sifatnya tersebut tembaga mudah ditempa dan ulet menjadi berbagai bentuk tertentu.  Kelunakan dari tembaga ini jauh lebih besar dibandingkan seng yang menyebabknya mudah dipoles.

Pengertian Tembaga

Karaktertistik Khusus Kimia Tembaga

Karakteristik khusus kimia dari tembaga ini cukuplah unik sehingga menarik untuk diketahui oleh Anda. Pertama-tama, tembaga ini tidak bereaksi dengan keberadaan air. Namun tembaga akan bereaksi dengan udara dan oksigen secara perlahan-lanah lalu membentuk lapisan khusus berwarna hitam-coklet tembaga oksida.  Perlu Anda ketahui bahwa oksidasi tersebut berbeda dengan oksidasi yang ada pada besi karena  oksida pada tembaga akan mengentikan keberlanjutan dari korosi. Hal ini dikarenakan lapisan patina yang melindungi serangan korosi berlanjut yang mana terbentuk karena udara yang lembab. Selain itu, tembaga juga akan bereaksi dengan sulfida dan akhirnya akan membentuk sebuah tembaga sulfida.

Karakteristik Isotop

Setelah membahas mengenai karakterstik kimia dan fisik dari tembaga, Anda harus mengetahui mengenai karakteristik isotop yang dipunyai. Informasi ini sangatlah penting dan sama pentingnya dengan Anda mengetahui pengertian tembaga yang  telah dijelaskan secara rinci. Bisa dibilang dengan karakteristik ini juga akan membantu dalam pemahaman pengertian dari tembaga yang telah dijelaskan. Isotop pada tembaga ini ada 29.  Dari 29 isotop tembaga ini terdapat dua isotop paling stabil adalah 65Cu dan 63CU yang merupakan isotop dengan presentasi terbanyak di alam yakni sebanyak kira-kira 69%. Keduanya mempunyai 3/2 bilangan spin. Sementara itu untuk isotop tembaga lainnya sifanya radioaktif.  Terdapat satu isotop dari tembaga yang berguna dalam X-ray dan terapi radiasi kanker. Isotop yang dimaksud adalah 64Cu.

Pengertian Tembaga

Penggunaan Tembaga

Tentunya informasi mengenai penggunaan tembaga juga sangatlah penting untuk diketahui masyarakat luas mengingat banyak perabot atau benda yang terbuat dari unsur tersebut.  Untuk penggunaan dari tembaga ini banyak digunakan dalam berbagai peralatan listik dengan presentase terbanyaknya sebesar 60%.  Posisi kedua penggunaan terbesar tembaga ini sebesar 20% untuk kontruksi, misalnya pipa dan atap. Posisi ketiga dengan resentasi 15%, pemanfaatan penggunaan tembaga ini untuk mesin industri, misalnya untuk penukar panas.  Terakhir banyak digunakan untuk paduan logam dengan presentase penggunaan tembaga sebesar 5% banyaknya.

Perlu diketahui bahwa tembaga banyak digunakan untuk panduan berbagai unsur lainnya dalam membuat alat-alat tertentu. Misalnya saja paduan dari tembaga yang paling lama adalah perunggu dan kuningan yang merupakan paduan dari seng dan tembaga. Dari berbagai paduan tembaga yang ada, biasanya unsur ini akan dimanfaatkan untuk membuat berbagai senjata, meriam, mata uang logam dan masih banyak lagi. Paling idealnya, pemanfaatan atau penggunaan dari tembaga ini akan digunakan sebagai kabel listrik. Pasalnya memang tembaga merupakan unsur yang mudah ditarik menjadi sebuah kawat harus dan mudah sekali ditangani. Selain itu sifatnya yang konduktifitasnya terhadap listik tinggi menjadi alasan pendukung tembaga ini ideal menjadi kabel listik.

Pengertian Tembaga

Demikianlah itu tadi merupakan informasi lengkap mengenai pengertian tembaga dan penjelasan lengkapnya meliputi karakteristik dan penggunaanya. Tentunya semua informasi yang telah disampaikan ini sangatlah penting sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja.  Maka dari itulah silahkan simak mulai dari pengertian dari tembaga terlebih dahulu lalu karakteristiknya dan terakhir dalam pengunaanya.

Pastinya Anda akan memahami pengertian dari tembaga sekaligus pentingnya unsur inid alam kehidupan. Namun perlu dipahami juga bahwa bagi kesehatan tembaga yang jumlahnya terlalu banyak bisa menyebabkan masalah besar. Hal ini didorong karena tembaga yang bisa dengan mudah masuk ke menusia lewat makanan, minuman dan pernapasan.  Apabila sudah keracunan tembaga secara kroninis, penyakit yang bisa diderita manusia adalah penyakit wilson yang ditandai dengan kerusakan otak, penyakit ginjal, kornea penuh dengan timbunan tembaga, sirosis hati dan demyelization.

Leave a Comment