Cari Tahu Mengenai Cara dan Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Cari Tahu Mengenai Cara dan Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Membahas tentang niat shalat tahiyatul masjid tentu sangatlah penting. Apalagi karena Islam merupakan salah satu agama besar yang ada di Indonesia. Di dalam mendirikan agama Islam, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan rukun Islam. Menjalankan ibadah shalat merupakan rukum Islam yang wajib dilakukan. Untuk shalat sendiri, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan shalat lima waktu.

Hukum Shalat Tahiyatul Masjid

Selain menjalankan shalat lima waktu, umat Islam dapat pula menjalankan shalat-shalat lainnya yang bersifat sunnah. Karena hukumnya sunnah, umat Islam tidak akan berdosa ketika meninggalkannya namun akan mendapatkan pahala yang besar ketika menjalankannya, apalagi shalat di masjid memang sangat dianjurkan dengan banyaknya keutamaan seperti keutamaan shalat berjamaah dan sebagainya. Tentu saja tentang ini bisa kita ketahui dari banyaknya hadist tentang sholat yang bisa dijumpai di berbagai kitab.

Salah satu shalat sunnah yang dapat dilakukan oleh umat Islam adalah shalat tahiyatul masjid. Shalat tahiyatul masjid sendiri merupakan shalat yang dilakukan oleh umat Islam ketika akan memasuki masjid, tentunya jangan lupa membaca doa masuk masjid terlebih dahulu. Meskipun merupakan shalat sunnah, shalat tahiyatul masjid memiliki pahala dalam jumlah besar. Karena itulah, banyak umat Islam yang menjalankan shalat tahiyatul masjid demi mendapatkan pahala dalam jumlah besar. Untuk menjalankan shalat ini, umat Islam harus membaca niat shalat tahiyatul masjid terlebih dahulu.

Cara dan Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Niat shalat tahiyatul masjid dibaca sebelum shalat dilakukan. Umat Islam yang menjalahkan shalat tahiyatul masjid dapat melaksanakannya sebanyak 2 rakaat. Sama dengan shalat sunnah lainnya, shalat tahiyatul masjid dianjurkan untuk membaca surat Pendek setelah membaca surat Al-Fatihah. Boleh Surat Al-Kafirun pada saat rakaat pertama sedangkan surat Al-Ikhlas dibaca pada rakaat kedua, atau surat lainnya.

Untuk waktu melaksanakan shalat tahiyatul masjid sendiri, umat Islam dapat melakukannya ketika memasuki masjid dan sebelum duduk di lantai masjid. Shalat tahiyatul masjid dilakukan ketika umat muslim belum melaksanakan aktifitas apa-apa di dalam masjid. Jika Anda berniat untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid, ada beberapa urutan shalat yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  1. Rakaat pertama
    • Membaca niat shalat di dalam hati
    • Takbiratul Ihram dan dianjurkan untuk membaca doa Iftitah
    • Membaca surat Al-Fatihah
    • Ruku’
    • I’tidal
    • Sujud
    • Duduk diantara 2 sujud
    • Sujud kedua
  2. Rakaat Kedua
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara 2 sujud
  • Sujud kedua
  • Tahiyat akhir
  • Salam

Di dalam mengucapkan niat shalat tahiyatul masjid, ada bacaan-bacaan yang akan Anda ucapkan. Bacaan-bacaan yang ada pada niat shalat tentunya akan memberikan faedah yang baik bagi para pembacanya. Tidak hanya akan memberikan pahala kepada para pembaca niat shalat, shalat tahiyatul masjid juga memiliki faedah lainnya.

Faedah

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Berikut ini merupakan faedah atau keutamaan dari shalat tahiyatul masjid:

  1. Memuliakan masjid

Masjid merupakan rumah Allah dan umat Islam wajib untuk memualiakannya. Salah satu bentuk memuliakan rumah Allah SWT adalah dengan menjalankan shalat tahiyatul masjid. Shalat tahiyatul masjid dilakukan ketika akan memasuki masjid.

  1. Menutupi kekurangan ketika menjalankan shalat wajib

Shalat tahiyatul masjid dapat digunakan sebagai alat untuk menutupi kekurangan pada shalat wajib yang Anda lakukan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kesempurnaan shalat tidak dapat Anda nilai sendiri. Hanya Allah SWT yang dapat menilai kesempurnaan shalat yang telah Anda lakukan. Karena umat Islam tidak dapat menilai apakah shalat wajib yang dilakukan telah sempurna atau tidak, ada baiknya untuk menjalankan shalat tahiyatul masjid. Jika shalat wajib yang Anda lakukan tidak sempurna, shalat tahiyatul masjid dapat menutupi kekurangan yang Anda lakukan.

  1. Menghapuskan dosa

Meskipun merupakan shalat sunnah, shalat tahiyatul masjid juga dapat menghapuskan dosa-dosa yang pernah Anda lakukan. Dengan memperbanyak melakukan sujud, dosa-dosa yang Anda lakukan dapat berkurang. Allah akan mengampuni dosa-dosa yang Anda lakukan melalui shalat tahiyatul akhir.

  1. Meninggikan derajat

Shalat tahiyatul masjid juga dapat meninggikan derajat seseorang di mata Allah SWT. Allah akan meninggikan derajat para umatnya dengan melaksanakan shalat dan memperbanyak sujud kepada-Nya.

  1. Menyelesaikan beragam permasalahan di dalam hidup

Keutamaan shalat tahiyatul masjid lainnya adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh umat Islam. Masalah-masalah hidup umat Islam dapat diatasi dengan menjalankan ibadah shalat sunnah tahiyatul masjid. Untuk menikmati keutamaan dari shalat tahiyatul masjid, Anda tentunya harus menjalankan shalat karena Allah SWT semata.

Hikmah

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Untuk mensyukuri nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, Anda dapat melakukannya melalui shalat tahiyatul masjid. Bentuk syukur atas nikmat rejeki, kesehatan, nikmat hidup dan bernapas yang diberikan oleh Allah dapat dilakukan melalui shalat tahiyatul masjid. Jika Anda menilik kehidupan para nabi, Anda akan mengetahui bahwa Rasulullah menjalankan shalat hingga kaki terlihat bengkak. Dari kejadikan tersebut, Anda dapat melihat bahwa bentuk syukur atas nikmat Allah SWT dapat dilakukan melalui shalat. Shalat sunnah tahiyatul masjid merupakan amalan yang baik.

Dilihat dari niat shalat tahiyatul masjid misalnya, Anda dapat melihat doa-doa yang tersirat di dalam niat shalat tersebut. Amalan yang paling adalah menjalankan ibadah shalat. Rasulullah bersabda, lakukanlah istiqomah dengan sempurna. Salah satu bentuk istiqomah yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan ibadah shalat. Shalat sunnah tahiyatul masjid sendiri merupakan salah satu jenis shalat yang dapat dilakukan guna melakukan amalan yang baik.

Keutamaan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Niat shalat tahiyatul masjid tidak boleh diremehkan. Sama halnya dengan niat shalat tersebut, shalat masjid tahiyatul masjid juga tidak boleh dipandang rendah. Shalat sunnah tahiyatul masjid sangat dimuliakan di dalam surga dan merupakan shalat yang dapat memuliakan masjid. Dengan keutamaan tersebut, sudah sepantasnya bagi Anda untuk menjalankan shalat yang dilakukan sebanyak 2 rakaat ini. Shalat tahiyatul masjid merupakan cerminan ketakwaan umat Islam.

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Tingkat ketakwaan umat muslim dapat dilihat dari shalat sunnah yang mereka lakukan. Shalat sunnah merupakan bukti dari tekad seseorang untuk mendapatkan pahala yang mereka inginkan dari Allah SWT. Dengan menjalankan shalat tahiyatul masjid, umat muslim berharap dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT. Semakin besar tekad umat muslim untuk dekat dengan Allah, semakin banyak ibadah yang akan mereka lakukan.

Umat muslim akan memperoleh pahala dari shalat tahiyatul masjid yang mereka lakukan. Berbicara mengenai shalat tahiyatul masjid, ada beberapa catatan penting yang berkaitan dengan shalat sunnah tersebut. Berikut beberapa catatan atau poin penting yang berkaitan dengan shalat tahiyatul masjid:

  1. Para ulama memiliki kesepakatan untuk menjalankan shalat sunah tahiyatul masjid dan memakruhkan shalat tahiyatul masjid jika tidak ada uzur.
  2. Shalat tahiyatul masjid dilakukan sebanyak 2 rakaat. Jika umat Islam menjalanka shalat lebih dari 2 rakaat dan satu salam, shalat tahiyatul masjid masih dapat dilakukan.
  3. Jika umat Islam memasuki masjid berulang kali dalam 1 jam, shalat sunnah tahiyatul masjid dapat dilakukan setiap kali umat Islam memasuki masjid.
  4. Tidak ada qadha untuk shalat sunnah tahiyatul masjid.
  5. Jika umat muslim duduk lama di dalam masjid dan belum melakukan shalat tahiyatul masjid, maka shalat sunnah tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Leave a Comment