Manfaat Tembaga dan Bahaya Tembaga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tembaga dan Bahaya Tembaga Bagi Kesehatan Tubuh

Tembaga merupakan sejenis logam berwarna kemerahan yang dilengkapi dengan struktur mineral kubik. Di dalam perut bumi, jumlah tembaga sangat melimpah. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui dengan baik akan manfaat dari tembaga. Jika ditelisik dengan seksama, tembaga memiliki tekstur yang lembut jika dibandingkan dengan seng. Tembaga menjadi jenis logam yang sangat baik dijadikan konduktor atau penghantar listrik. Tidak hanya baik digunakan sebagai konduktor, tembaga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tembaga dapat diperoleh melalui makanan yang mengandung tembaga dengan kandungan yang cukup.

Salah satu manfaat dari logam berwarna kemerahan ini adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat terjadi lantaran tembaga dapat mempertahankan jumlah kandungan sel darah putih yang berada di dalam tubuh. Sel darah putih sendiri merupakan jenis darah yang dapat mempertahankan tubuh dari serangan beragam jenis penyakit. Jika asupan tembaga tidak mencukupi, kandungan sel darah putih yang berada di dalam tubuh akan berkurang. Penurunan jumlah sel darah putih di dalam tubuh menyebabkan tubuh tidak mampu menghadapi serangan virus dan bakteri yang menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit.

Manfaat tembaga lainnya adalah mencegah osteoporosis. Osteoporosis dapat terjadi apabila tubuh mengalami kekurangan kalsium dan tembaga. Asuoan tembaga, kalsium, mangan dan seng dapat membantu tubuh agar terhindar dari osteoporosis. Penurunan akan kepadatan tulang tidak akan terjadi selama asupan tembaga di dalam tubuh tercukupi dengan baik.

Manfaat Tembaga

Manfaat Tembaga

Guna mengetahui kegunaan tembaga lainnya bagi kesehatan tubuh, simak penjelasannya di bawah ini:

Meningkatkan fungsi kognitif

Tembaga juga dapat berfungsu untuk otak yang berkaitan dengan perkembangan saraf. Jika seseorang memiliki asupan tembaga yang mencukupi, daya serap informasi akan menjadi lebih baik. Orang tersebut nantinya dapat berpikir dengan jelas dan mampu mengolah informasi dengan baik. Hal tersebut menandakan bahwa tembaga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan menjaganya agar selalu berada dalam keadaan yang baik. Meskipun dapat meningkatkan fungsi kognitif, mengkonsumsi tembaga yang berlebihan justru akan mengganggu fungsi kognitif. Karena itulah, mengkonsumsi tembaga harus dengan takaran yang seharusnya.

Menjaga fungsi dan kesehatan sistem kardiovaskuler

Menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Kesehatan sistem kardiovaskuler dapat dilihat dari kondisi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Agar kondisi pembuluh darah dan jantung selalu berada dalam keadaan yang baik, mengkonsumsi tembaga dalam jumlah yang cukup merupakan cara yang dapat kita lakukan. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, mengkonsumsi tembaga dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan resiko terkena stroke dan aterosklerosis.

Mencegah penyakit kanker

Antioksidan yang dikandung oleh tembaga dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit kanker. Antioksidan yang berada di dalam tembaga mampu menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan. Tembaga mampu meningkatkan jumlah protein di dalam tubuh sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker maupun sel tumor.

Manfaat Tembaga

Menjaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan dapat terjaga kesehatannya dengan baik akibat asupan tembaga yang cukup. Hal tersebut dapat terjadi lantaran tembaga bersifat antibakteri. Dengan sifat antibakteri tersebut, tembaga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan perkembangan bakteri baik dan menghambat bakteri jahat yang merugikan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, tembaga juga dapat mengatasi penyakit magh dan bersifat anti inflamasi.

Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat tembaga lainnya bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Tembaga yang berada di dalam tubuh dapat meningkatkan jumlah kolagen dan elastin. Kolagen merupakan zat yang dapat membuat kulit memiliki struktur dan terasa kuat. Elastin sendiri merupakan zat yang mampu membuat kulit terasa lebih elastis. Selain menjaga kesehatan kulit, tembaga juga dapat membuat kulit nampak jauh lebih cantik.

Masalah kulit seperti luka, bisul dan infeksi kulit dapat diatasi oleh tembaga. Kulit juga akan terhindar dari penuaan akibat kandungan antioksidan yang berada di dalam tembaga. Guna memiliki kesehatan kulit yang baik, kita sebaiknya mengkonsumsi tembaga dalam jumlah yang cukup.

Manfaat tembaga hanya dapat dirasakan oleh tubuh jika kandungan tembaga yang diasup oleh tubuh memiliki takaran yang sesuai. Jika jumlah tembaga di dalam tubuh berkurang atau berlebih, ada dampak buruk yang akan dirasakan oleh tubuh. Kekurangan kandungan tembaga dapat dialami oleh anak kekurangan gizi dan bayi yang terlahir prematur.

Manfaat Tembaga

Anak-anak yang kekurangan asupan tembaga akan memiliki resiko mengalami patah tulang yang tinggi. Kekurangan tembaga dapat pula terjadi akibat kelainan genetik. Sindrom Menkes merupakan sindrom dimana tubuh tidak dapat menyerap tembaga dengan baik. Kekurangan asupan tembaga dapat pula menyebabkan beragam masalah bagi tubuh. Anemia, mati rasa, kelelahan, tremor dan merasakan sensasi kesemutan merupakan dampak-dampak yang akan dialami oleh tubuh ketika kekurangan asupan tembaga.

Manfaat Tembaga untuk Perhiasan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tembaga juga dapat memiliki peranan yang sangat besar di dalam kehidupan manusia. Sebagai logam keras, tembaga dapat difungsikan sebagai bahan untuk pembuatan uang logam. Uang logam yang beredar saat ini merupakan hasil dari pengolahan logam. Tidak hanya itu, tembaga juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat perhiasan. Perhiasan yang ada saat ini tidak hanya dibuat dengan menggunakan bahan emas. Jika diperhatikan dengan baik, banyak perhiasan yang dibuat dengan campuran tembaga.

Perhiasan yang dibuat dengan campuran tembaga dijual dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan emas asli. Dengan harganya yang terjangkau, perhiasan yang telah dicampur dengan tembaga memiliki banyak peminat. Manfaat tembaga bagi kehidupan lainnya adalah untuk membunuh serangga dan hama. Pestisida yang banyak digunakan untuk membunuh hama dan serangga mengandung kandungan tembaga di dalamnya. Agar dapat membunuh hama dan tembaga dengan baik, tembaga dapat dicampurkan dengan Ca(OH)2. Campuran kedua bahan tersebut nantinya dapat membunuh serangan hama dan serangga dengan baik.

Bahaya Tembaga

Manfaat Tembaga

Tembaga yang berlebih dapat pula memberikan dampak yang tidak diinginkan bagi kesehatan tubuh. Jumlah tembaga yang berlebih dapat menyebabkan racun di dalam tubuh. Kandungan jumlah tembaga yang berlebih dapat berasal dari minuman atau makanan yang telah terkontaminasi. Kandungan jumlah tembaga yang berlebih dapat pula berasal dari fungisida yang memiliki kandungan tembaga sulfat. Tubuh yang mengalami kelebihan tembaga dapat pula terjadi akibat tubuh yang tak mampu melepaskan tembaga.

Jika tubuh memiliki kandungan tembaga yang berlebih, tubuh biasanya akan mengalami gejala muntah, pusing, diare dan mual. Jumlah tembaga yang berlebih dapat pula meyebabkan kerusakan pada hati ginjal hingga menyebabkan kematian. Karena dampaknya yang cukup besar bagi kesehatan, kita sebaiknya mengkonsumsi tembaga dengan jumlah yang cukup. Batas maksimal mengkonsumsi tembaga setiap harinya adalah 10 mg dan batas minimal mengkonsumsi tembaga setiap harinya adalah 0,1 mg. Kita dapat memperoleh tembaga melalui makanan atau vitamin yang dijual di apotek.

Leave a Comment